Rabu, 04 Juli 2012

Raja Yg Pintar




Sebuah Cerita ttg keputusan cerdas seorang pemuda menjalani hidup. Cerita ini hanya contoh yach :) .
Zaman dahulu ada sebuah negara, dimana setiap tahun akan dipilih raja yang baru. orang yang akan menjadi raja harus setuju, apabila masa satu tahun selesai dia akan dikirim kesebuah pulau. Jadi, apabila salah satu raja selesai masa jabatannya maka sudah saatnya baginya untuk pergi ke pulau dan tinggal di sana.
Orang-orang memberinya pakaian yang mahal dan menempatkannya di sebuah kendaraan gajah dan membawanya berkeliling kota untuk mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang. Ini adalah saat tersedih bagi semua raja yang memerintah selama satu tahun.
Setelah mengucapkan selamat tinggal, Mereka lalu membawa raja dengan perahu ke sebuah pulau terpencil dan meninggalkannya di sana.

Saat Dalam perjalanan mereka kembali, mereka menemukan sebuah kapal yang tenggelam. Mereka melihat seorang pemuda yang selamat dengan berpegangan pada sepotong kayu terapung.
Karena mereka membutuhkan seorang raja baru, mereka mengambil anak muda itu dan membawanya ke negara mereka. Mereka meminta anak itu untuk menjadi raja selama satu tahun.
Pertama dia menolak namun kemudian ia setuju untuk menjadi raja, maka semua orang menceritakan  tentang semua aturan dan peraturan dan bagaimana ia akan dikirim ke sebuah pulau setelah satu tahun.
Akhirnya  tiba dimana dia diangkat menjadi raja.
semua Orang pun berkumpul dan berpesta merayakan pengangkatan raja yang baru.
Setelah tiga hari menjadi raja,  ia meminta para menteri untuk berkumpul, Ia mengatakan  jika mereka bisa menunjukkan kepadanya pulau di mana semua raja lainnya dikirim. maka Ia akan setuju dikirim ke pulau itu.
Maka berangkatlah Raja dan para mentri ke pulau tersebut.
 Pulau itu tertutup hutan tebal dan suara hewan ganas terdengar datang dari seluruh pulau .
Raja mencoba masuk ke dalam hutan,  disana dia menemukan  tulang-tulang semua raja yang dikirim kepulau itu, bahkan dia juga menemukan mayat dari raja terakhir. Dia mengerti bahwa  setelah mereka ditinggalkan di pulau ini, maka binatang buas akan datang dan membunuh mereka.
Raja lalu kembali ke negara  dan meminta orang-orang untuk memberinya  100 pekerja terkuat yang ada di negara itu. setelah permintaan raja dipenuhi, raja  Lalu  kembali kepulau bersama dengan  100 pekerja, Ia mengatakan kepada mereka untuk Membunuh semua binatang yang mematikan dan  menebang semua pohon.
Sementara itu raja akan kembali kekota dan akan  mengunjungi pulau itu setiap bulan untuk melihat hasilnya.

Pada bulan pertama, semua binatang berbahaya telah dibunuh dan banyak pohon ditebang.
Pada bulan kedua, seluruh pulau  telah dibersihkan. Raja lalu menyuruh para pekerja untuk menanam tanaman di sekeliling pulau. Dia juga membawa beberapa  binatang yang berguna seperti ayam, bebek, burung, kambing, sapi dll.
Pada bulan ketiga, ia memerintahkan para pekerja untuk membangun rumah besar dan pelabuhan kapal.
Selama beberapa bulan, pulau ini berubah menjadi tempat yang indah. Raja  akan memakai pakaian sederhana dan menghabiskan sedikit dari penghasilannya di pulau itu. Dia juga mengirim semua pendapatannya  ke pulau itu untuk disimpan.
Sembilan bulan telah berlalu. Raja memanggil orang-orang dan mengatakan kepada mereka bahwa “Dia tahu bahwa Dia harus pergi ke pulau  itu setelah satu tahun, tapi Dia ingin pergi ke pulau itu sekarang.” Tetapi orang-orang tidak setuju dengan ini dan mengatakan bahwa dia harus menunggu selama 3 bulan untuk menyelesaikan masa jabatannya selama tahun.
Akhirnya raja pun setuju dan bersedia menunggu akhir masa jabatanya yang tinggal  tiga bulan
dan tiga bulan berlalu dan sekarang satu tahun penuh sudah dia selesaikan sebagai raja. Orang-orang memberinya Pakaian yang indah dan mewah dan mengaraknya keliling kota untuk mengucapkan selamat tinggal kepada masyarakat sambil menaiki kendaraan gajah .
Namun, raja ini benar-benar berbeda dengan raja terdahulu dia luar biasa senang meninggalkan kerajaan.
Orang-orang bingung lalu mencoba bertanya kepadanya, “Semua raja lainnya akan menangis pada saat ini dan mengapa Anda tertawa?” 
 Sambil tersenyum Dia Menjawab “Apa kau tidak tahu apa yang orang bijak katakan? Mereka mengatakan bahwa ketika Kau datang ke dunia ini sebagai bayi, kau menangis dan semua orang tersenyum. Hidup seperti kehidupan ketika Kau sekarat, Kau akan tersenyum dan semua orang di sekitar Mu akan menangis. Aku telah menjalani hidup itu.
Sementara semua raja lainnya hilang ke dalam kemewahan kerajaan, Tapi aku selalu berpikir tentang masa depan dan merencanakannya.
Aku ubah pulau yang mematikan menjadi tempat tinggal yang indah dimana aku bisa tinggal damai disana” -END-

We should take a lesson from this story about how we should also live our life. The life of this world is to prepare for the life hereafter. In this life, we shouldn’t get lost into the beautiful things of this world and forget about what is to come in the afterlife. Rather, even if we are kings, we should live a simple life like our beloved Prophet Muhammad (SAW) and save all our enjoyments for the hereafter. May Allah make it easy for all of Us.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar