Rabu, 29 Agustus 2012

Empat orang anak laki-laki dan Pohon Pear




Ada seorang pria yang memiliki empat orang anak laki-laki. Dia ingin anak-anaknya belajar untuk tidak terlalu cepat  menghakimi segala hal. Jadi dia mengirim ke empat anaknya untuk pergi dan melihat sebuah pohon pir yang besar yang terletak sangat jauh dari tempat tinggal mereka. Anak pertama akan pergi di musim dingin, yang kedua pada musim semi, yang ketiga di musim panas, dan anak bungsu pada musim gugur.

Saat mereka sudah kembali, ia memanggil ke-empat anaknya, masing-masing anak di suruh menceritakan apa yang di lihat.

Anak pertama mengatakan bahwa pohon itu jelek, membungkuk, dan memutar. 

Anak kedua mengatakan itu tidak benar, pohon itu ditutupi dengan tunas hijau dan sangat menjanjikan.

Anak ketiga tidak setuju dengan apa yang dikatakan oleh kedua saudaranya, dia mengatakan  pohon itu penuh dengan bunga yang berbau begitu manis dan tampak begitu indah, dan itu adalah hal yang paling indah yang pernah dilihatnya. 

Anak terakhir tidak setuju dengan mereka semua, dia bilang pohon itu penuh dengan buah, kehidupan dan harapan

Pria itu kemudian menjelaskan kepada anak-anaknya bahwa apa yang mereka katakan semuanya benar,  mereka hanya melihat  satu musim dari kehidupan pohon pear, dia mengatakan kepada mereka, bahwa mereka tidak bisa menilai sebuah pohon hanya berdasarkan pada apa yang mereka lihat.
Begitu juga dengan manusia, jangan pernah menilainya hanya dari satu sisi saja, dan siapaun mereka, kesenangan, kegembiraan dan cinta yang datang pada hidup mereka hanya dapat di ukur/ di nilai pada akhir sebuah kehidupan, dan pada saat itu semua musim telah usai

jika kau menyerah pada musim dingin, maka kau akan kehilangan janji di musim semi,  keindahan di musim panas, dan hasil  yang melimpah di musim gugur, jangan biarkan rasa sakit di satu musim menghancurkan kebahagiaan dan hidupmu. 

MORAL :Jangan menilai hidup hanya karena satu masa yang sulit, tekunlah dan jalani jalanmu walaupun itu terasa sangat sulit, karena saat yang indah pasti akan datang cepat ataupun lambat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar